Sikap Menghargai Orang Lain


 

Sikap Menghargai Orang Lain (Tugas 2)

Menghargai orang lain itu sangat penting dipakai pada saat bermasyarakat khususnya untuk masyarakat demokrasi kita sekarang. Dengan menghargai orang lain kita dapat mempererat hubungan kita antara sesama manusia. Tetapi ada juga orang yang tidak bisa menghargai orang lain dalam hal ini tentu akan menimbulkan dampak yang buruk buat sesama manusia. Dampak tersebut bisa memicu pertikaian hingga bisa menimbulkan kekerasan, pelecehan, bahkan pembunuhan antar sesama umat manusia. Tentu akan buruk jikalau kita tidak mempunyai sikap menghargai orang lain.

Apabila seseorang tidak menghargai orang lain dia akan kehilangan sebagian rasa hormatnya. Dia akan merasakan kalau dia itu lebih benar dari pada orang lain. Dia akan mempertahankan pemikirannya atau bahkan memaksa mereka untuk memakai pemikirannya apabila pemikirannya beda dengan orang lain. Dia akan menolak atau tidak akan mengikuti suatu pemikiran orang lain. Dan yang lebihnya lagi dia akan menjadi orang yang sombong apabila dia terus menerus tidak menghargai orang lain. Seseorang yang tidak menghargai orang lain akan dijauhi orang-orang karena dia akan sulit mematuhi suatu peraturan apabila sudah disepakati.

Kita akan senang apabila pemikiran kita diterima oleh orang lain, begitu juga dengan mereka. Mereka juga akan menghargai bahkan menghormati kita apabila kita bisa menghargai mereka. Salah satu cara supaya kita bisa menghargai orang lain yaitu dengan cara membuat kita merasa rendah dari pada orang lain, sehingga kita bisa mendengar serta memahami pemikiran orang lain. Kemudian selalu berpikir kalau setiap orang pasti memiliki kelebihan masing-masing, karena manusia itu tidak ada yang sempurna dan selalu membutuhkan orang lain untuk melengkapi kekurangannya. Dan perilaku yang kita lakukan akan dinilai oleh orang-orang dan itu pasti akan ada balasannya dari mereka.

Mempunyai sikap menghargai pasti akan membuat seseorang damai, tentram dan tentunya akan disukai banyak orang. Membuat pikiran kita menjadi tenang dan bahagia karena kita bisa menerima pemikiran orang lain dengan ikhlas. Orang-orang tidak akan menjauhi kita, serta mereka akan mencoba memahami pemikiran kita sehingga bisa menghasilkan suatu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah yang paling penting dan utama itu apabila kita sudah tidak mempunyai sikap menghargai orang lain, karena akan membuat dampak buruk buat kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s