Analisa New Media

Ok sebelum menganalisa New Media kita membahas sedikit dlu tentang new media

New Media

terdiri atas 2 kata yaitu New dan Media, New artinya baru dan media adalah suatu sarana perantara, jadi New Media adalah suatu sarana perantara baru. Dalam sarana disini dapat di simpulkan komputer atau handphone yang sekarang sebagai sarana untuk sosial media dunia maya. Beberapa contoh New Media ialah Internet, website, permainan komputer, DVD, dan Blu-Ray. New Media bukanlah berupa siaran televisi, film, majalah, atau buku.

 

nah, abis itu kita masuk ke beberapa aplikasi new media yang masih berkembang pada saat ini :

 

FACEBOOK

          Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputerEduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

Beberapa fitur-fitur Facebook :

  1. Wall : adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
  2. Status Update : Facebook memiliki fitur bernama “status update” (atau “status” saja) yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
  3. Photo Tagging : yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah dicari.
  4. Chat : pengguna facebook dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fitur chat. Apabila status seseorang “online” maka anda langsung dapat bercakap-cakap dengannya.
  5. Games : ada banyak games yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
  6. Notification : memberikan notifikasi kepada pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan akun facebook-nya.
  7. Friend Request : seorang pengguna dapat meminta kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam daftar teman facebook-nya dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut dapat diterima maupun ditolak.

Kelebihan Facebook :

  1. Penggunaan facebook sangatlah mudah dibanding dengan yang lainnya. Tinggal klik dan selesai.
  2. Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.
  3. Upload gambar sangatlah mudah.
  4. Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.
  5. Facebook dapat digunakan untuk tempat bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan produknya.
  6. Facebook dapat diakses di manapun anda berada, dan dapat melalui berbagai macam media seperti PC, laptop, netbook, dan handphone sekalipun.

Kekurangan Facebook :

  1. Facebook sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
  2. Facebook menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya melalui facebook.
  3. Lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
  4. Facebook acap kali menjadi tempat lahirnya isu-isu sosial, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll.

 

TWITTER

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebuttweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan follower. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna.

Beberapa fitur-fitur Twitter :

  1. Tweets : teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
  2. Following (yang melakukan disebut Follower) : akun seseorang yang mengikuti (menjadi follower) akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utamanya.
  3. Mentions : biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
  4. Hashtag : ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.
  5. Trending Topic : topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Kelebihan Twitter :

  1. Twitter adalah sebuah layanan gratis dan sederhana untuk menyiarkan status singkat melalui Internet. Karena singkat, status Twitter dapat dikirim melalui e-mail, SMS, dan jejaring sosial.
  2. Untuk menuliskan status Twitter, seseorang harus memiliki akun. Namun setelah memiliki akun, untuk menulis status atau tweet dapat melalui banyak program untuk berbagai perangkat, tidak harus melalui twitter.com.
  3. Status Twitter dapat langsung diumumkan ke seluruh pemakai Twitter. Beda dengan status Facebook yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman. Itulah sebabnya kini Twitter banyak dipakai oleh para politisi, perusahaan, bahkan pemerintah (tapi di negara lain lho).
  4. Twitter juga menyediakan komunikasi langsung ke sesama pengguna Twitter, sehingga tidak terbaca pengguna lainnya.
  5. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka, banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)

Kekurangan Twitter :

  1. 21% dari account Twitter ternyata kosong. Ini merupakan persentase dari account Twitter yang belum pernah diposting satu Tweet. Mereka mungkin juga bisa terdaftar untuk terus menggunakan username terakhirnya, atau hanya account percobaan yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan.
  2. Hampir 94% dari seluruh account Twitter hanya memiliki kurang dari 100 follower. Dalam mencari kemungkinan konsisten dengan tool bercorak baru serta fakta bahwa banyak orang mungkin saat ini dapat memiliki account untuk mulai mencoba dengan alat, Sysomos telah menemukan mayoritas pengguna Twitter memiliki followership sangat rendah.
  3. Separuh dari semua pengguna Twitter “tidak aktif.” Jika Kita mengambil gambaran umum menjadi “aktif” di Twitter berarti bahwa Kita telah mengirim Tweet di beberapa titik dalam 7 hari terakhir (1 bulan), maka survei dapat mengetahui bahwa 50,4% dari seluruh pengguna Twitter sesuai dengan kategori ini. Jika ita keluarkan 21% dari point pertama, berarti ini sekitar 30% dari pengguna yang telah memiliki account dan telah melakukan tweet sebelumnya, tetapi yang akan terjadi justru sekarang tidak aktif.
  4. batasan karakter posting box sebanyak 140 karakter merupakan salah satu kekurangan twitter. jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah karakter judul dan permalink yang melebihi 140 terpaksa harus menggunakan fasilitas url shortener gratisan yang banyak disediakan web untuk memperpendek jumlah karakter permalink.

 

Nah, berikut ini adalah new media yang dalam berupa Game Online. selain bermain kita juga bisa sharing antara players, berikut deh game online dan beberapa fitur dan kelebihan maupun kekurangannya

DRAGONNEST ONLINE INDONESIA (Game Online)

       Dragon Nest adalah game action fantasy MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) yang memiliki grafis bagus dengan speed action yang khas dan telah dirilis pada tahun 2010. Bukan hanya Korea Selatan, Dragon Nest telah dirilis di Jepang, China, Taiwan/Hongkong, Singapore/ Malaysia, Amerika Utara dan dicintai lebih dari 100 juta user dari seluruh dunia.  PT KREON secara resmi mengumumkan produk terbarunya yang akan segera hadir di Indonesia, yaitu Dragon Nest. Tanggal 10 Febuari 2012, tepatnya di Velpa Gandaria City, Jakarta Selatan. GameQQ mendapat undangan untuk menghadiri Signing Ceremony antara salah satu publisher terbesar di Indonesia saat ini PT. Kreon dengan developer asal Korea SelatanEyedentity Games mengenai Dragon Nest. Dengan ini maka 3D Action MMORPG yang banyak ditunggu akhirnya secara resmi akan hadir di Indonesia melalui portal game Gemscool.

 

Berikut beberapa fitur yang ada di Dragon Nest Online :

1). Level : jadi dalam game itu mempunyai level tersendiri tergantung XP yang kalian kumpulkan pada game.

2). Classes/job : yaitu jenis character yang akan di main kan dalam game. dsitu tersedia karakter warrior, cleric, tinkker, archer, dll.

2). Skill job : dalam game itu terdapat skill sesuai jobnya masing-masing sehingga memainkannya sangat seru

3). Party : game itu juga dapat bermain secara bersama-sama lebih dari 2 orang tapi harus berada dalam 1 server yang sama

4). dungeon  : dalam game itu terdapat tempat-tempat dimana kita mengumpulkan XP

5). Beberapa Nest : dalam nest tersebut memungkinkan kita mendapatkan senjata dan armor rare, epic, atau unique.

6). G-Shop : yaitu tempat pembelian item-item atau costume premium di dalam game, yang hanya dapat di beli dengan uang G-Cash

7). Penyatuan server, channel secara otomatis : Dragon Nest secara otomatis menempatkan user di channel-channel yang sesuai. Teknologi ini meminimalisir lagging bahkan ketika sedang banyak player yang bermain secara bersamaan, dan dengan ini juga player dapat bertemu dengan orang-orang baru. Penempatan otomatis ini mencegah Gameplay player terganggu karena kinerja PC player akan lebih ringan. Ini juga membuahkan hasil dengan ringannya kinerja server, meminimalisir kemungkinan terjadinya lagging, jadi ketidaknyamanan player ketika banyak player lain yang bermain akan berkurang. Sebuah system telah digunakan yang akan menolong player untuk menemukan party dan teman, tidak perlu lagi berjanjian dengan teman untuk bertemu di suatu tempat.

8). Kontrol Karakter yang “luwes” : Dengan menggunakan combo dengan WASD-mouse, control yang biasa digunakan oleh game FPS, Dragon Nest memungkinkan player untuk menggerakkan pandangan dan karakter dengan cepat. Dan juga, selain keyboard dan mouse, Dragon Nest juga mendukung penggunakan Gamepad untuk Gamer yang terbiasa bermain Console.

9). Perkembangan Karakter seiring dengan berjalannya cerita Dragon Nest : Untuk memberikan warna yang berbeda kepada player selain mengulang-ulang battle dan dungeon tanpa tujuan yang jelas, maka Dragon Nest memberikan latar belakang cerita yang padat yang diwujudkan melalui Main / Side Quest. Kejadian-kejadian khusus di lengkapi dengan adanya video untuk memaksimalkan peran player, membuat mereka bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya dan memotivasi mereka untuk terus melanjutkan Quest.

 

Kelebihan :

1). dapat mengisi waktu kosong sehingga dapat menenangkan pikiran kita pada waktu liburan datang

2). dapat meningkatkan sosialisasi antar players

3). dapat mengembangkan kreatifitas kita

4). sebagai metode pembelajaran khususnya untuk anak-anak dalam penggunaan bahasa inggris

5). dapat menghasilkan uang dengan mengikuti event-event atau perlombaan yang ada

 

Kekurangan :

1). dapat menimbulkan seseorang menjadi malas dalam hal pelajaran

2). menomor satukan game dari pada perintah orang tua

3). dapat membuat mata kita menjadi rusak akibat kelamaan bermain game online

4). uang jajan kita jadi terkuras hanya untuk game online bukan untuk keperluan masa depan

 

sekian dari pengamatan saya, kalo menurut saya itu tergantung dari diri kita masing-masing dalam menanggapi hal tersebut

 

source :

1. http://nospang372.blogspot.com/2012/12/sejarah-dragon-nest-dari-korea-ke.html

2. http://panduartha03.blogspot.com/2013/01/sejarah-singkat-dragonnest.html

3. http://aninditosuangga.wordpress.com/2011/11/10/analisa-new-media/

4. http://dn.gemscool.com/index.php?act=2#link

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s