Hubungan antara hukum dan negara menurut pendapat masing-masing

hubungan antara hukum dan negara menurut pendapat masing-masing

Negara

Negara merupakan alat dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan manusia dalam masyarakat.

Oleh karna itu, sebagai organisasi, negara dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan serta dapat menetapkan tujuan hidup bersama. Dengan  perkataan lain, negara mempunyai 2 tugas utamma, yaitu :

  1. Mengatur dan menertibkan gejala kekuasaan dalam masyarakat yang bertentangan satu sama lainnya.
  2. Mengatur dan menyatukan kegiatan manusia dan golongan untuk menciptakan tujuan bersama yang disesuaikan dan di arahkan pada tujan negara.

Hukum

       Utrecht memberikan batasan hukum sebagai himpunan peraturan-peraturan (perintah-perintah atau larangan-larangan) yang mengurus tata tertib dalam masyarakat dan karena itu harus ditaati oleh masyarakat itu.

JCT. Simorangkir SH. Dan Woerjono Sastropranoto SH. Yang mendefinisikan hukum sebagai peraturan-peraturan yang memaksa, yang menentukan tiingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang diibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, pelanggaran mana terhadap  peraturan-peraturan tadi berakibat diambilnya tindakan, yaitu dengan hukuman tertentu.

Menurut saya, hubungan antara negara dan hukum sangatlah berkaitan satu sama lain. Menurut pengertian negara dan hukum kita dapat mengambil kesimpulan kalau negara dan hukum  mempunyai arti yang bekesinambungan. Negara mempunyai hak untuk mengatur, menertibkan, serta menyatukan kegiatan manusia dan golongan untuk menciptakan tujuan bersama yang disesuakian dan di arahkan pada tujuan negara, sedangkan hukum itu yang bertugas untuk mengatur segala kegiatan manusia dan golongan untuk menciptakan tujuan bersama yang di sesuaikan dan di arahkan pada tujuan negara. Jadi dapat di simpulkan hukum adalah bagian dari negara, dan untuk pembentukkan manusia di dalam suatu negara itu maka di perlukan hukum, kalau tidak ada hukum di suatu negara maka negara tersebut akan menjadi tidak tertib dan akan melakukan apa yang ingin mereka lakukan tanpa memperdulikan tujuan negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s