Tugas 2 : Tulisan Lepas yang berkaitan tentang migrasi dan kebudayaan

Pengertian Migrasi
Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja.

Pengertian Kebudayaan

Budaya atau kebudayaanberasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.Dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Dalam kehidupan sehari-hari biasanya terjadinya saling sharing kebudayaan dan migrasi (sengaja ataupun tidak disengaja) dalam segi:

a.Makanan.

         Sharing makanan daerahnya terjadi ketika mereka kembali dari daerahnya,contohnya kembali dari liburan panjang. Mereka membawa makanan khasnyamasing-masing dan saling memperkenalkan serta membagikan makanan yangdibawanya. Selain tu, sharing makanan terjadi dalam aktivitas keseharian,misalnya ketika salah seorang dari penghuni rumah memasak makanan untuknya,penghunni yang lain turut mencicipi.
b. Bahasa
        Sharing bahasa terjadi ketika antar penghuni rumah berkomunikasi. Pararesponden memiliki rasa ingin tahu dan ingin belajar yang tinggi tentang bahasayang berasal dari daerah yang berbeda. Kadang kala, seorang responden memintaresponden yang lain untuk sedikit mengajarkan bahasa daerahnya masing-masing, misalnya kalimat saya mencintai kamu, dalam bahasa Sunda menjadi abdi bogohka anjeun,sedangkan dalam bahasa Jawa menjadi aku katresno karo koe.
c. Cara berkomunikasi
        Dalam berkomunikasi, setiap responden memiliki gaya bicara yang berbeda-beda baik itu volume suara (keras, sedang, kecil), nada (tinggi, rendah), tempo(cepat, lambat), dsb. Setelah dilakukan pengamatan, penulis dapat menyimpulkanbahwa pada umumnya responden yang berasal dari pulau yang sama memiliki gayaberkomunikasi yang sama pula. Misalnya, responden yang berasal dari PulauSumatera cenderung menggunakan nada dan volume yang tinggi serta tempo yangcepat dibandingkan dengan responden yang berasal dari Pulau Jawa yangcenderung menggunakan nada dan
volume yang rendah serta tempo yang lebihlambat/sedang.Selain itu, perbedaan dapat ditemukan pula dengan membandingkan caraberkomunikasi antara responden yang berasal dari perkotaan (misal, Jakarta)dengan responden yang berasal dari daerah. Responden yang berasal dari daerahcenderung lebih luwes dan cepat dalam berkomunikasi.Dengan adanya perbedaan dalam cara berkomunikasi ini. Antara respondenterjadi saling pengertian, penyesuaian diri dan saling mengimbangi satu sama lain.Ada pengaruh untuk mengikuti gaya berkomunikasi lawan bicara agar terciptanyakomunikasi yang harmonis.
d. Kebiasaan
        Setiap orang memiliki persamaan dan perbedaannya masing-masing termasuk masalah kebiasaan. Kebiasaan yang diamati diantaranya kebiasaan setelah makan,kebiasaan terhadap barang-barang pribadinya, dll. Selama proses pengamatan,penulis tidak menemukan indikasi yang menunjukan adanya keterkaitan asaldaerah dengan kebiasaan. Setiap orang memiliki ciri khas masing-masing.
e.Cara Berpakaian.
        Seperti halnya kebiasaan, dalam berpakaian pun setiap orang memiliki cirikhasnya masing-masing. Ada kecenderungan saling bertukar informasi dalamberpakaian, saling memberi masukan dan terkadang saling meminjam. Secara tidak langsung, setiap responden telah menyebarkan kebudayaannya masing-masingdalam berpakaian.
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s